Jelang Ramadan, Politisi PKB Sebar 10 Ribu Paket Sembako di Bireuen

Ahmad Zubaidi | Rabu, 22/04/2020 08:57 WIB
Jelang Ramadan, Politisi PKB Sebar 10 Ribu Paket Sembako di Bireuen Anggota DPR RI Fraksi PKB, Ruslan M Daud menyerahkan bantuan bagi warga Bireuen (foto istimewa)

BIREUEN, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H Ruslan M Daud (HRD), menyerahkan sekitar 10 ribu paket Sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Penyerahan itu dilakukan secara simbolis oleh HRD kepada perwakilan masyarakat Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh II, di Kompleks Meuligo Residence, Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Selasa, 21 April 2020.

Seusai penyerahan bantuan itu, Ruslan mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 tidak hanya  berdampak pada aspek kesehatan, namun juga berakibat fatal terhadap situasi perekonomian Indonesia, termasuk Aceh.

“Pertama, saya mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada relawan yang bernaung di bawah Posko Covid-19 Rumah Aspirasi HRD,” ujarnya didampingi Anggota DPRK yang juga sebagai Ketua PC PKB Bireuen, Usman Sulaiman.

Ia juga mengapresiasi kerja sama yang baik antara DPC PKB dan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Bireuen dalam membantu pendataan dan pendistribusian sembako bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

HRD menyebutkan, sejak wabah Corona menyerang Indonesia khususnya Aceh, keadaan ekonomi masyarakat makin terpuruk, daya beli mereka terus menurun, dan cadangan pangan rumah tangga terus berkurang.

Hal ini disebabkan oleh rendahnya produktivitas masyarakat akibat pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu, politisi PKB ini menyatakan, butuh usaha kolektif untuk menanggulangi dampak ekonomi yang semakin parah akibat pendemi Covid-19. Secara khusus, HRD menyoroti dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat kelas menengah ke bawah seperti pekerja sektor informal.

“Ketua kami, Gus Muhaimin sering mengingatkan bahwa sebagai politisi dan tokoh masyarakat, kami dituntut untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat terutama bagi kaum musthadh`afin (masyarakat lemah), terlebih lagi dalam situasi sulit seperti ini. Gus Muhaimin sering mengingatkan bahwa kehadiran kami di masyarakat adalah bagian dari bentuk kehadiran negara. Dan inilah cita-cita PKB yang selalu berupaya untuk hadir bersama kaum musthadha’afin dalam segala situasi,” ucapnya.

Bupati Bireuen Periode 2012-2017 ini menyampaikan, pembagian paket sembako ini merupakan bagian dari komitmen dan konsistensi PKB untuk selalu hadir dalam setiap persoalan yang dihadapi masyarakat. "PKB lahir dari Rahim Ulama untuk Rakyat," sebutnya.

Tokoh politik yang dikenal dekat dengan ulama ini juga menerangkan, Cak Imin selaku Ketua Umum DPP PKB selalu mengingatkan dirinya dan seluruh anggota DPR RI beserta pengurus dan kader partai itu untuk selalu berikhtiar membantu masyarakat dalam situasi apapun, apalagi suasana sulit saat ini. “Seluruh kader PKB harus terlibat aktif membantu masyarakat,” sebut HRD mengutip pernyataan Cak Imin.

“Kami berharap masyarakat kecil yang kehilangan mata pencaharian dapat diselamatkan sehingga tak menjadi problem sosial di kemudian hari. Ini penting dan harus menjadi perhatian serius semua pihak terutama pemerintah di semua tingkatan. Khusus untuk Bireuen, kita imbau agar pemerintah segera menyerahkan sembako bantuan kepada masyarakat yang berdampak Covid 19, mengingat sudah memasuki hari meugang,” tambah HRD.

Anggota Komisi V DPR RI ini juga mengajak Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota yang sudah menyediakan anggaran untuk sembako bantuan agar segera disalurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Apalagi, menurutnya, Aceh yang memiliki tradisi meugang dalam setiap menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, tentu saja masyarakat sangat membutuhkan paket sembako bantuan.

“Saya sangat yakin bahwa program pemberian sembako sangat dinantikan oleh masyarakat, apalagi Meugang sudah tiba,” ulang HRD sembari mengajak para dermawan untuk bahu membahu mengurangi beban hidup masyarakat miskin dengan membantu sebisa mungkin sesuai kapasitas masing-masing.