Tentukan Awal Ramadan, Sidang Isbat Digelar Online?

M. Isa | Selasa, 14/04/2020 10:51 WIB
Tentukan Awal Ramadan, Sidang Isbat Digelar Online? Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin (foto: kemenaggoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1441H/2020M pada Kamis, 23 April 2020 mendatang.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menjelaskan, sidang isbat akan digelar dengan skema berbeda yakni dengan memanfaatkan sarana teleconference.

"Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan. Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi teleconference sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama," jelas Kamaruddin di Jakarta, Selasa 14 April 2020.

Kamarudin menuturkan, masyarakat dapat menyaksikan proses isbat nanti melalui live streaming laman resmi dan media sosial Kementerian Agama.

Menurut Kamaruddin, sebagaimana biasa, sidang isbat akan dibagi dalam tiga sessi. Sessi pertama, paparan posisi hilal awal Ramadan 1441H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Paparan ini akan disiarkan secara live streaming melalui website dan medsos Kemenag. 

"Akan dibuka dialog. Masyarakat dan media bisa mengikuti melalui room meeting online yang nanti akan dibagikan. Tentu kuotanya juga terbatas," tutur Kamaruddin.

Setelah Magrib, lanjut Kamaruddin, sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang ini hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa`adi, dan Dirjen Bimas Islam.

Hasil sidang isbat, lanjut Kamaruddin akan diumumkan secara terbuka oleh Menag melalui telekonferensi pers, ”Publik bisa mengikutinya melalui live streaming web dan medsos Kemenag," pungkasnya.