Beli APD Hingga Upgrade RS Rujukan, Pemerintah Anggarkan Rp75 Triliun

M. Isa | Selasa, 31/03/2020 20:37 WIB
Beli APD Hingga Upgrade RS Rujukan, Pemerintah Anggarkan Rp75 Triliun Presiden Jokowi (foto: humas setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah memutuskan total tambahan belanja dan pembiayaan APBN Tahun 2020 untuk penanganan COVID-19 adalah sebesar Rp405,1 triliun.

“Total anggaran tersebut akan dialokasikan Rp75 triliun untuk belanja bidang kesehatan, Rp110 triliun untuk perlindungan sosial, Rp70,1 triliun untuk insentif perpajakan dan stimulus Kredit Usaha Rakyat, dan Rp150 triliun untuk pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional, termasuk restrukturisasi kredit serta penjaminan dan pembiayaan dunia usaha, khususnya terutama usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah,” jelas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan persnya, Selasa 31 Maret 2020.

Menurut Presiden Jokowi, dari total Rp75 triliun untuk belanja bidang kesehatan itu akan diprioritaskan untuk pembelian Alat Pelindung Diri atau APD, alat kesehatan (alkes) dan lainnya.

“Anggaran bidang kesehatan akan diprioritaskan untuk perlindungan tenaga kesehatan terutama pembelian APD, pembelian alat-alat kesehatan seperti test kit, reagen, ventilator, dan lain-lainnya,” jelas Presiden.

Selain itu, jelas Jokowi, anggaran itu juga akan digunakan untuk upgrade rumah sakit rujukan termasuk Wisma Atlet, serta untuk insentif dokter, perawat, dan tenaga rumah sakit, juga untuk santunan kematian tenaga medis, serta penanganan permasalahan kesehatan lainnya.


Berita Terkait :