Rapid Test Diprioritas bagi Tenaga Medis, Keluarga dan ODP

M. Isa | Senin, 30/03/2020 20:31 WIB
Rapid Test Diprioritas bagi Tenaga Medis, Keluarga dan ODP Ilustrasi Virus Corona (foto: padangkita)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Rapat Terbatas atau Ratas  bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju melalui daring. Ratas ini membahas laporan Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta utuk pelaksanaan Rapid Test yang diberikan prioritas adalah tenaga-tenaga kesehatan beserta seluruh lingkaran keluarganya dan khususnya yang terkena status orang dalam pemantauan (ODP).

“Saya juga minta agar ketersediaan Rapid Test, kemudian Polymerase Chain Reaction (PCR), Viral Transfer Media (VTM) untuk percepatan pemeriksaan di laboratorium,” ujar Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu juga, Presiden  meminta sistem informasi pelayanan di rumah sakit rujukan, termasuk ketersediaan ruang perawatan di rumah sakit darurat, seperti di Wisma Atlet betul-betul sistemnya harus dibangun, “Sistem pendaftaran yang terintegrasi dengan online, sehingga semuanya bisa lebih cepat terlayani,” ungkapnya.

Selain itu, dilansir laman setkabgoid, Presiden juga meminta dan pastikan bahwa apotek dan toko-toko pensuplai kebutuhan pokok bisa tetap buka untuk melayani kebutuhan warga dengan tetap melakukan protokol jaga jarak yang ketat.


Berita Terkait :