Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Tingkatkan Pengawasan Terhadap Pemudik

M. Isa | Senin, 30/03/2020 18:30 WIB
Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Tingkatkan Pengawasan Terhadap Pemudik Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk meningkatkan pengawasannya terhadap warga yang sudah terlanjur mudik. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Saya sudah menerima laporan dari Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DIY, bahwa di provinsinya sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di desa maupun di kelurahan bagi para pemudik. Ini juga saya kira inisiatif yang bagus,” kata Presiden Jokowi.

Dilansir setkabgoid, Presiden Jokowi juga mengingatkan agar jangan sampai menimbulkan juga langkah-langkah penyaringan atau screening yang berlebihan bagi pemudik yang terlanjur pulang kampung.

“Terapkan protokol kesehatan yang baik, sehingga memastikan bahwa kesehatan para pemudik itu betul-betul memberikan keselamatan bagi warga yang ada di desa,” ungkapnya.

Sebagai informasi, lanjut Presiden, selama 8 hari terakhir tercatat ada 876 armada bus antarprovinsi yang membawa kurang lebih 14.000 penumpang dari Jabodetabek ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY.

“Ini belum dihitung arus mudik dini yang menggunakan transportasi masal lainnya, misalnya kereta api maupun kapal, dan angkutan udara serta menggunakan mobil pribadi,” ungkapnya.


Berita Terkait :