Legislator PKB Bantu Semprot Disinfektan ke Pesantren di Brebes

Rahmad Novandri | Senin, 30/03/2020 10:25 WIB
Legislator PKB Bantu Semprot Disinfektan ke Pesantren di Brebes Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB Nur Nadlifah bantu penyemprotan disinfektan di empat pesantren di Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (28/3). (Foto: istimewa)

BREBES, RADARBANGSA.COM - PKB terus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu dan menenangkan masyarakat disaat mewabahnya Covid-19. Langkah tersebut dalam bentuk penyemprotan di Pondok Pesantren, tempat-tempat ibadah serta tempat umum lainnya.

Hal itu dilakukan oleh Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB Nur Nadlifah di Brebes, Sabtu, 28 Maret 2020 lalu. Pihaknya juga memberikan sabun cuci tangan dan hand sanitizer kerja sama dengan DPC PKB Brebes.

Baca Juga: Nur Nadlifah: Tugas Pengawasan BPOM Harus Optimal

Nadlifah menyampaikan, pihaknya melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di empat pondok pesantren, yakni Pesantren Assalafiyah Luwungragi Kecamatan Bulakamba, Ponpes Assalafiyah 2 Saditan Kecamatan Brebes, Ponpes Al Bukhori Sengon Kecamatan Tanjung, dan Ponpes Al Falah Salafiyah Jatirokeh Kecamatan Songgom.

Saat ini, kata Nadlifah, belum ada pengobatan khusus yang efektif untuk mengobati virus corona baru. Vaksin, lanjutnya, diperkirakan baru bisa tersedia 18 bulan ke depan.

”Sementara ini, cara terbaik adalah melakukan tindakan pencegahan, yaitu: Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir hindari menyentuh muka, jauhi orang yang menunjukkan gejala (demam, batuk kering, kelelahan), bila Anda mengalami demam, rasa lelah dan batuk kering, segera cari pengobatan, Anda dapat menguatkan sistem kekebalan diri dengan melakukan perilaku sehat, seperti olah raga teratur, makan makanan bergizi seimbang, tidak merokok dan memastikan Anda dan anak Anda mendapat imunisasi lengkap,“ terangnya.

Baca Juga: Nur Nadlifah: Komisi IX Konsisten Tolak Kenaikan BPJS Kelas 3 Mandiri

Sementara, Pengasuh Ponpes Assalafiyah Luwungragi KH. Subhan Makmun mengapresiasi langkah yang dilakukan Nadlifah. ”Kunci pencegahan virus corona (COVID-19) adalah tetap ikhtiar, tawakal dan selalu berdoa agar dalam waktu cepat aman dari wabah penyakit. Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, hindari menyentuh muka, jauhi orang yang menunjukkan gejala (demam, batuk kering, kelelahan), bila batuk atau bersin tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu yang dibuang langsung ke tempat sampah tertutup setelah dipakai,” tuturnya.