Umur Genap 1 Tahun, MRT Telah Layani 30 Juta Penumpang

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 27/03/2020 15:53 WIB
Umur Genap 1 Tahun, MRT Telah Layani 30 Juta Penumpang Setahun, MRT Telah Layani 30 Juta Penumpang (Foto: MRT)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Selasa 24 Maret lalu, MRT genap berusia satu tahun. Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengatakan peringatan satu tahun operasi MRT Jakarta tahun ini dirayakan dalam keheningan sebagai dampak pandemik virus korona. Meski demikian, William berharap agar makna dan semangat 24 Maret 2019 tetap membara di hati setiap orang dan digunakan untuk melawan dan mencegah penyebaran virus korona.

Sejak diresmikan satu tahun lalu, tepatnya pada Minggu, 24 Maret 2019, oleh Presiden RI Joko Widodo, MRT Jakarta telah melayani lebih dari 30 juta penumpang dengan rata-rata penumpang mencapai sekitar 90 ribu orang per hari. Hal ini sangat membanggakan mengingat target semula ‘hanya’ di 65 ribu orang per hari.

Meski terbilang baru, di tahun pertamanya, MRT Jakarta telah mampu menjadi katalis perubahan budaya mobilitas masyarakat dengan penerapan kedisiplinan di sarana publik, antre sebelum masuk dan keluar kereta maupun stasiun, hingga mendorong lebih banyak masyarakat berjalan kaki dalam mobilitas kesehariannya. Kehadiran moda raya terpadu juga menjadi pendorong perubahan wajah Jakarta menjadi ramah pejalan kaki dan pesepeda melalui konsep pengembangan kota urban regeneration. Partisipasi publik menjadi kunci dari upaya pemerintah dalam menata kotanya. 

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh masyarakat yang telah menjadi bagian dari peradaban baru transportasi publik di Indonesia. Kami berharap MRT Jakarta dapat terus menjadi transportasi publik yang dapat selalu dipercaya dan diandalkan oleh masyarakat dalam mendukung mobilitas sehari-hari,” ujar William.

Dirinya juga mengakui bahwa masih banyak evaluasi yang harus dilakukan MRT Jakarta untuk memberikan pelayanan yang optimal.

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dengan memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan kenyamanan agar semakin mendorong minat masyarakat dalam menggunakan transportasi publik khususnya MRT Jakarta untuk mobilitas keseharian,”

Perlu diketahui, MRT Jakarta telah membangun sekitar satu jalur dengan panjang 16 kilometer yang terdiri dari 10 kilometer jalur layang dan enam jalur bawah tanah, termasuk satu area depo seluas 10 hektare. MRT Jakarta juga telah mengoperasikan 16 rangkaian kereta otomatis. Hingga saat ini, layanan operasional telah menunjukkan ketepatan waktu 99,8 persen meliputi waktu tempuh, kedatangan, dan keberangkatan kereta.

TAG : MRT , Umur , Penumpang