Legislator PKB Minta Masyarakat Sumatera Barat Tingkatkan Kewaspadaan Wabah COVID-19

Rahmad Novandri | Kamis, 26/03/2020 19:39 WIB
Legislator PKB Minta Masyarakat Sumatera Barat Tingkatkan Kewaspadaan Wabah COVID-19 Donizar (Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat). (Foto: istimewa)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Wabah virus corona atau COVID-19 kembali menimbulkan korban jiwa. Walikota Bukittinggi, Sumatera Barat, Ramlan Nurmatias mengkonfirmasi ada satu orang warganya yang positif terkena virus corona. Pasien tersebut dinyatakan meninggal dunia di RS Ahmad Mochtar, Bukittinggi, Kamis, 26 Maret 2020.

Diketahui, korban memiliki riwayat berpergian ke Malaysia untuk menghadiri tabligh akbar. Korban berjenis kelamin perempuan dan telah menikah, sementara suaminya saat ini tengah menunggu hasil dari laboratorium.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi PKB, Donizar ikut berbela sungkawa atas meninggalnya warga Sumbar yang positif COVID-19. Untuk itu, ia mengingatkan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan serta kesadaran masyarakat.

"Sungguh menjadi beban psikis yang berat mendengar kabar sudah ada masyarakat kita di Sumbar yang positif virus COVID-19. Namun, kita harus tetap optimis, tetap menerima kabar ini sebagai bentuk lebih ketat dalam pemutusan mata rantai penyebaran, memaksimalkan untuk tetap dirumah, jika harus keluar rumah menjaga kebersihan, mengupayakan untuk meningkatkan imun tubuh termasuk untuk tidak stress," kata Donizar dalam keterangannya, Kamis, 26 Maret 2020.

Ia meminta agar pemerintah provinsi Sumatera Barat lebih cepat menindaklanjuti proses dari pemeriksaan sampel PDP COVID-19 di Labor UNAND (Universitas Andalas) Padang. Ditegaskannya, beban besar ada dipundak pemerintah pusat, provinsi, dan Kabupaten/Kota dalam mencegah penyebara virus corona ini.

Regulasj, lanjutnya, sudah ada sehingga pengadaan APD harus dipercepat, termasuk insentif tenaga kesehatan hingga menstabikan harga bahan pokok. Donizar juga meminta agar digelar operasi pasar dan menindak tegas oknum-oknum yang menimbun bahan kebutuhan pokok.

"Hal terpenting ialah kesadaran masyarakat akan bahayanya corona. Teruslah berikhtiar dan jangan lupa berdoa agar kita semua terhindar dari wabah ini, dan semoga wabah ini segera berlalu," pungkasnya.