Presiden Jokowi Pastikan Pemerintah Siapkan 105 Ribu APD

M. Isa | Senin, 23/03/2020 19:57 WIB
Presiden Jokowi Pastikan Pemerintah Siapkan 105 Ribu APD Presiden Joko Widodo (foto: facebook Presiden Joko Widodo)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, berbagai negara berebutan untuk mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD), Masker, Sanitize dan lain-lain. Hal ini diungkapkan Presiden melalui pers rilisnya melalui setkabogid, Senin 23 Maret 2020.

“Dan kita alhamdulillah pada Hari Sabtu kemarin kita telah siap lagi 105 ribu APD, yang ini pada hari ini akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit yang ada di tanah air,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan, empat puluh lima ribu unit akan didistribusikan di DKI Jakarta, di Bogor, dan Banten. Kemudian 40 ribu unit akan didistribusikan untuk Jabar, Jateng, Jatim, DIY, Bali.

“Dan 10 ribu akan didistribusikan ke seluruh provinsi yang ada di luar Jawa serta 10 ribu sebagai cadangan,” jelasnya.

Selain menjelaskan soal APD, Presiden Jokowi juga menjelaskan soal obat klorokuin sebagai obat second line untuk mengobati pasien covid-19, “Ini (obat klorokuin) adalah produksi negara kita, produksi Indonesia. Barang ini adalah produksi Indonesia, produksi Kimia Farma. Klorokuin ini adalah bukan obat first line tetapi obat second line karena memang obat COVID-19 ini belum ada dan juga belum ada antivirusnya,” jelasnya.

Tetapi dari pengalaman beberapa negara, lanjut Presiden, klorokuin ini sudah digunakan dan banyak pasien COVID-19 yang sembuh dan membaik kondisinya. Obat ini bukan obat bebas, jadi penggunaannya harus melalui resep dokter.

“Pemerintah telah memiliki stok klorokuin ini 3 juta, jadi untuk pasien COVID-19 yang ada di rumah sakit jika dianggap dokter yang merawatnya klorokuin ini cocok untuk pasien tersebut pasti akan diberikan,” ungkapnya.


Berita Terkait :