Jokowi: Kita Punya 105 Ribu APD dan Segera Didistribusikan

Ahmad Zubaidi | Senin, 23/03/2020 10:34 WIB
Jokowi: Kita Punya 105 Ribu APD dan Segera Didistribusikan Presiden Jokowi cek proses sterilisasi di Bandara Soeta (foto: Facebook Presiden Jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menanggapi banyaknya kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD), terutama bagi tenaga medis. Menurut Jokowi, pemerintah saat ini sudah mendatangkan 105 ribu APD Covid 19.

Jokowi menjelaskan ratusan ribu APD itu tiba di Indonesia Sabtu 21 Maret lalu dan siap distribusikan ke sejumlah rumah sakit di Indonesia untuk penanganan Covid 19.

"Masih banyak keluhan kelangkaan APD. Kita Alhamdulillah, Sabtu kemarin tiba 105 ribu APD dan siap didistribusikan," ujar Jokowi saat meninjau Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Dari jumlah APD tersebut, 45 ribu akan didistribusikan ke wilayah DKI Jakarta, Bogor dan Provinsi Banten. Lalu 40 ribu untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Bali.

“10 ribu untuk luar Jawa dan 10 ribu sisanya untuk cadangan,” tutur Jokowi.

Jokowi menyatakan, Covid 19 saat ini sudah menyebar ke 180 negara. Sehingga kebutuhan terhadap APD, masker dan hand sanitizer di dunia melonjak drastis. 

Jokowi mengunjungi Wisma Atlet Kemayoran untuk memastikan kesiapan tempat tersebut sebagai rumah sakit darurat untuk pasien Covid 19. 

TAG : Jokowi , Corona , APD