Pemerintah: Hampir Seluruh Pasien Sembuh Didominasi Faktor Imunitas

M. Isa | Jum'at, 20/03/2020 17:51 WIB
Pemerintah: Hampir Seluruh Pasien Sembuh Didominasi Faktor Imunitas Ilustrasi Virus Corona (foto: padangkita)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Juru Bicara (Jubir) Penanganan Wabah Virus Korona (Covid-19), Achmad Yurianto menyebutkan hampir seluruh kasus yang sembuh itu didominasi oleh faktor imunologi/imunitas yang sangat baik dari pasiennya sehingga menentukan kesembuhannya.

“Riset penelitian yang dilakukan oleh WHO dengan menghimpun semua ahli virus di dunia masih belum mendapatkan suatu kesepakatan yang bisa dijadikan standar dunia terkait dengan pengobatan, spesimen pengobatan yang definitif terhadap COVID-19,” kata Achmad Yurianto di Graha BNPB, Kamis 19 Maret 2020.

Menurut Yuri, beberapa uji coba telah dilaksanakan di berbagai negara dan juga China pernah melakukan percobaan uji dengan menggunakan chloroquine, kemudian  Thailand mencoba untuk menggunakan ARV (Antiretroviral), melakukan terapi ini.

“Semuanya memang memberikan gambaran-gambaran yang baik tetapi masih belum menjadi suatu standar dunia. Oleh karena itu, sampai dengan saat ini secara definitif drug of choice obat yang pilihan untuk Covid-19 ini belum dikatakan. Demikian juga untuk vaksin masih belum didapatkan,” kata Yuri.

Seperti diketahui, hingga Jumat 20 Maret 2020, ada penambahan 60 kasus baru virus corona atau covid-19 di Indonesia. Sehingga totalnya 369 kasus positif yang diantaranya 17 kasus sembuh dan 32 meninggal dunia.