Pasien Corona Meninggal Mayoritas Berusia di Atas 45 Tahun Disertai Penyakit Pendahulu

Ahmad Zubaidi | Kamis, 19/03/2020 19:57 WIB
Pasien Corona Meninggal Mayoritas Berusia di Atas 45 Tahun Disertai Penyakit Pendahulu Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto, foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sebanyak 25 pasien positif virus Corona (COVID-19) yang meninggal dunia mayoritas berusia mulai dari 45 hingga 65 tahun. Hanya ada satu kasus yang meninggal pada usia 37 tahun.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut rata-rata pasien meninggal tersebut juga memiliki riwayat penyakit lain sebelum didiagnosa positif Covid-19.

"Kalau kemudian kita perhatikan faktor lain maka hampir seluruhnya memiliki penyakit pendahulu. Sebagian besar diabet, hipertensi, dan kemudian penyakit jantung kronis. Dan beberapa diantaranya penyakit paru obstruksi menahun," kata, kepada wartawan, Kamis, 19 Maret 2020.

Menurut Yuri, hampir seluruh pasien yang meninggal dunia itu memiliki penyakit penyerta alias comorbid. Namun, dia memastikan pemerintah pusat dan daerah berupaya untuk menekan angka pasien positif corona.

Yuri menambahkan kasus corona positif terbanyak di wilayah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yakni 52 kasus baru sehingga total menjadi 210 kasus, dengan korban meninggal 17 pasien.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar segera dilaksanakan rapid test virus corona (Covid-19) masal di Indonesia.

"Segera lakukan rapid test dengan cakupan lebih besar," ujar Presiden Jokowi dalam rapat terbatas melalui telekonferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis siang.


Berita Terkait :