Jika Diperlukan, Presiden Minta Wisma Atlet Kemayoran Digunakan untuk Isolasi Pasien

M. Isa | Kamis, 19/03/2020 17:48 WIB
Jika Diperlukan, Presiden Minta Wisma Atlet Kemayoran Digunakan untuk Isolasi Pasien Presiden Jokowi cek proses sterilisasi di Bandara Soeta (foto: Facebook Presiden Jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melakukan Rapat Terbatas (Ratas) dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju melalui Video Conference dengan topik Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 di Istana Merdeka, Kamis 19 Maret 2020.

Dalam pengarahannya, Presiden Jokowi meminta untuk disiapkan rencana kontijensi kesiapan pelayanan rumah sakit baik rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan juga mobilisasi rumah sakit yang lain, baik milik BUMN, TNI-POLRI, rumah sakit swasta dan juga rumah sakit darurat apabila diperlukan.

“Dan jika diperlukan juga bisa memanfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran. Ini kapasitasnya cukup besar, kalau enggak keliru 15.000 dan hotel BUMN yang juga bisa dipakai,” ungkap Presiden Jokowi dilansir setkabgoid.

Selain itu, Presiden juga meminta kepada bawahannya agar melakukan percepatan pembangunan rumah sakit di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Sehingga dapat segera melakukan untuk pasien covid-19.

“Termasuk percepatan pembangunan rumah sakit di Pulau Galang di Kepulauan Riau,” tambah Presiden.

Sebelumnya, Presiden juga meminta agar rapid test diperbanyak untuk disalurkan ke rumah sakit baik di pusat maupun daerah, “Saya minta alat-alat rapid tes terus diperbanyak, juga memperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes dan melibatkan rumah sakit, baik pemerintah, milik BUMN, Pemda, rumah sakit milik TNI dan POLRI, dan swasta, dan lembaga-lembaga riset dan pendidikan tinggi yang mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan,” tukasnya.