IDI Sumbar Harus Bantu Pemerintah Daerah Hadapi Covid-19

Rahmad Novandri | Senin, 16/03/2020 16:50 WIB
IDI Sumbar Harus Bantu Pemerintah Daerah Hadapi Covid-19 Febby Dt Bangso (Ketua DPW PKB Sumatera Barat). (Foto: istimewa)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Dunia dihebohkan dengan maraknya isu virus Corona yang telah merebak ke beberapa negara, termasuk Indonesia dan Sumatera Barat. Untuk mengatasi itu, Ketua DPW PKB SUmatera Barat (Sumbar) Febby Datuk Bangso meminta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbar bantu Pemerintah dalam menghadapi kejadian itu.

"Kita minta IDI Sumbar bantu pemerintah daerah dalam menghadapi Kejadian Luar biasa Covid 19 ini," kata Febby dalam keterangannya, Minggu, 15 Maret 2020.

Baca Juga: PKB Sumbar Buka Pendaftaran Calon Jelang Pilkada Serentak 2020

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa kejadian luar biasa ini tentu harus juga bisa menenangkan masyarakat agar informasi ini berkembang tidak liar di masyarakat. "Sekarang banyak informasi yang beredar di masyarakat, dan itu sangat cepat. Untuk itu perlu ada yang menenangkannya," terang pria yang akrab disapa FDB ini.

Menurutnya, kewaspadaan yang tinggi dan tentu saja perlu tim solid baik dalam memberikan informasi kepada media, tahapan SOP atau langkah-langkah yang harus dilakukan jika ada warga Sumatera Barat yang terindikasi dan bagaimana penanganannya.

"Apakah perlu dilakukan simulasi di rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani pasien terindikasi covid 19," imbuhnya.

Baca Juga: Gaet Tokoh dan Milenial, Febby: PKB Sumbar Ingin Perkuat Struktur Partai

Ia menyampaikan, sinergi Pemerintah dengan IDI dan Fakultas Kedokteran, Kesehatan dan Farmasi perlu dilaksanakan dalam rangka menghadapi kejadian luar biasa ini. "Kita juga minta media untuk memberikan edukasi ke masyarakat atau iklan layanan masyarakat agar tetap waspada dan apa yang harus dilakukan. Bersama kita bisa dan jangan saling menyalahkan," pungkasnya.