PKB Apresiasi Ridwan Kamil Lakukan Proactive Test Corona ke ODP

Ahmad Zubaidi | Minggu, 15/03/2020 08:18 WIB
PKB Apresiasi Ridwan Kamil Lakukan Proactive Test Corona ke ODP Nihayatul Wafiroh (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB). (foto Nihayah Center)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua DPP PKB bidang Kesehatan dan Penguatan Inklusi Disabilitas, Nihayatul Wafiroh mengapresiasi langkah antisipatif Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 lewat proactive test.

“Saya pikir yang dilakukan oleh @ridwankamil selaku Gub Jabar tepat. Melakukan pro active test kepada kelompok-kelompok tertentu. Ini langkah untuk bukan hanya untuk mengetahui yang sudah terpapar virus tapi juga mengunci penyebarannya,” kata Ninik merespon unggahan Ridwan Kamil di laman instagram pribadinya, Minggu, 15 Maret 2020.

Emil (sapaan Ridwan Kamil) sejak Sabtu, 14 Maret 2020 kemarin mulai menginstruksikan proaktive test kepada orang dalam pantauan (ODP) untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Menurut Emil, sikap proaktif diambil untuk meluaskan jangkauan pencegahan penyebaran virus.

Dia menjelaskan, selama ini ODP tidak dilakukan tes terkait corona. Namun beredar informasi jika ada orang-orang yang tak menunjukkan gejala yang kemungkinan telah terinfeksi corona.

“Pola yang ada sekarang tes dilakukan untuk PDP (pasien dalam pengawasan). Sementara dengan proactive test ini kita bisa melihat kalau ternyata hasilnya negatif ya Alhamdulillah tapi kalau positif, kita ada concept of social distancing, yang maksudnya mengurangi pergerakan sosial yang selama ini jadi arahan WHO," tuturnya

Dijelaskan Emil, test dimulai kepada zona TKA dari Luar Negeri, para tenaga kesehatan yang merawat, mereka yang baru pulang dari luar negeri tertentu dan mereka yang merupakan keluarga atau kluster dari yang sudah terpapar positif covid-19.

Testing proaktif dari Pemprov Jawa Barat ini untuk memastikan apakah virus juga beredar di masyarakat kepada mereka yang terlihat sehat. Prosedur ini sudah sesuai dengan arahan Presiden agar daerah diberi kesempatan untuk melakukan test sendiri, membantu litbangkes pusat.

Hasilnya akan memberikan kesimpulan untuk tindakan lebih lanjut yang rasional dan terukur. Proaktif dan waspada rasional, kata Emil, adalah semangat Pemprov Jawa Barat dalam merespon isu penanggulangan virus ini.

“Masalah ini masalah bersama dan menjadi tanggung jawab bersama. Mari saling menguatkan dan mendoakan,” tutup dia.