Cegah Virus Corona, Masjid Istiqlal Disterilisasi

M. Isa | Jum'at, 13/03/2020 17:46 WIB
Cegah Virus Corona, Masjid Istiqlal Disterilisasi Presiden Jokowi tinjau sterilisasi Masjid Istiqlal Jakarta (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melakukan sterilisasi Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat 13 Maret 2020 pagi. Proses sterilisasi dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Terawan Putranto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi menyampaikan bahwa Presiden Jokowi menyaksikan upaya menggulung semua karpet yang ada di Masjid Istiqlal ini dan kemudian menyemprot dengan antiseptik.

”Upaya kita membuat masjid ini lebih baik atau lebih steril dan mudah-mudahan bibit-bibit penyakit hilang. Dan nanti ke depan atau sekarang sedang akan melakukan imbauan ke semua masjid untuk melakukan hal yang sama, pertama menggulung semua karpet-karpetnya karena ternyata itu salah satu sumber penyakit,” ujar Menag Fachrul Razi.

Langkah kedua yakni penyemprotan antiseptik. Kemudian beberapa hal lain disarankan untuk tidak usah lagi sementara waktu ini bersalaman apalagi cipika-cipiki tidak usah lagi, “karena ternyata itu media untuk penularan penyakit,” ujarnya.

Menag juga garis bawahi masalah pengambilan air wudhu betul-betul diyakinkan air itu mengalir dengan baik. ”Kemudian di tiap-tiap tempat duduk kami siapkan sabun dan antiseptik mudah-mudahan dengan itu akan lebih baik, penularan penyakit peluangnya akan menjadi lebih kecil,” ungkapnya.

 


Berita Terkait :