Menkeu Sri Mulyani Tambah Anggaran Kemenkes Rp 1 Triliun

Rahmad Novandri | Jum'at, 13/03/2020 17:45 WIB
Menkeu Sri Mulyani Tambah Anggaran Kemenkes Rp 1 Triliun Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pemerintah menambahkan anggaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekitar Rp1 triliun. Anggaran tersebut diberikan untuk menangkis wabah corona (Covid-19).

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Minta BPJS Kesehatan Transparan, Soal Apa?

Disampaikannya, penambahan anggaran tersebut untuk sejumlah kegiatan antara lain logistik perlindungan diri, mobilisasi tenaga kerja kesehatan, penanganan pasien di rumah sakit, serta pengadaan sarana dan prasarana di rumah sakit rujukan.

"Ini kita perkiraan dekati Rp1 triliun dan kita sudah sediakan untuk Kemenkes," kata Sri Mulyani di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020.

Baca Juga: MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Diterangkannya, anggaran tersebut juga digunakan untuk 132 rumah sakit rujukan, manajemen klinik, pemeriksaan laboratorium, serta pengawasan kantor kesehatan pelabuhan di 134 pintu masuk Indonesia. Sri Mulyani juga menugaskan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk memudahkan proses impor alat kesehatan yang dibutuhkan dalam negeri.

"Jadi kami ingin berikan keyakinan bahwa langkah-langkah bisa dilakukan tanpa terhalang oleh kendala anggaran. Ini penanganan dari kesehatan di mana aspek dukungan Kemenkeu baik melalui anggaran atau Bea Cukai yang ikut dalam pelaksanaan terutama pintu-pintu masuk dan barang masuk terutama alat-alat medis yang dibutuhkan," tuturnya seperti dilansir dari detik.com.