Keris Pangeran Diponegoro Dikembalikan ke Indonesia

M. Isa | Rabu, 11/03/2020 18:06 WIB
Keris Pangeran Diponegoro Dikembalikan ke Indonesia Presiden Jokowi dan Raja Belanda Willem Alexander didampingi ratu dan ibu negara melihat Keris Pangeran Diponegoro (foto: setkabgoid)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Kerajaan Belanda menyerahkan Keris Pengeran Diponegaoro kepada Pemerintah Indonesia. Keris itu diserahkan oleh Raja Belanda Willem Alexander ke Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 10 Maret 2020 kemarin.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyampaikan bahwa pengembalian dari Keris Pangeran Diponegoro prosesnya sudah cukup lama dan selama proses berlangsung Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Belanda melakukan penelitian bersama untuk betul-betul memastikan bahwa keris tersebut adalah keris milik Pangeran Diponegoro.

”Yang terakhir, jadi beberapa minggu sebelum kunjungan, maka kita juga mengirimkan tim di mana di dalamnya juga ada Pak Dirjen Kebudayaan. Karena saya berkonsultasi juga dengan Menteri Pendidikan dan kebudayaan kemudian beliau mengutus Dirjen Kebudayaan bersama dengan ahli dari Indonesia untuk melakukan pengecekan,” ujar Menlu Retno Marsudi dilansir setkabgoid.

Retno menuturkan, Kerajaan Belanda juga sudah mendatangkan tim yang terdiri dari beberapa orang untuk melihat keris tersebut. Ia menambahkan bahwa dengan datangnya tim dari Indonesia, maka sudah dikonfirmasikan bahwa keris tersebut adalah Keris Diponegoro dan kemudian dikembalikan ke Indonesia.

Untuk penyimpanannya, Menlu Retno mengungkapkan, akan dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terutama terkait penempatan Keris Pangeran Diponegoro tersebut.


Berita Terkait :