Jokowi Sebut Belanda Mitra Strategis Indonesia di Eropa

M. Isa | Selasa, 10/03/2020 16:15 WIB
Jokowi Sebut Belanda Mitra Strategis Indonesia di Eropa Presiden Jokowi menerima kunjungan Raja Belanda Willem Alexander (foto: setkabgoid)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Belanda adalah salah satu mitra penting Indonesia di Eropa, yakni di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

”Di kawasan Eropa, Belanda merupakan mitra dagang Indonesia terbesar kedua, mitra investasi terbesar pertama, dan mitra pariwisata terbesar keempat. Saya menyambut baik kunjungan Sri Baginda yang juga disertai pengusaha Belanda dalam jumlah yang besar,” tutur Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima di Istana Bogor, Selasa 10 Maret 2020.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa kunjungan Raja Willem-Alexander beserta Ratu Maxima dan delegasi Belanda ke Indonesia adalah yang pertama dilakukan Kepala Negara Kerajaan Belanda sejak 25 tahun yang lalu.

”Dan dalam kunjungan kenegaraan tahun 1995 yang lalu, Raja Willem-Alexander sebagai putra mahkota ikut mendampingi Ratu Beatrix ke Indonesia. Dengan demikian, ini bukan merupakan kunjungan pertama beliau ke Indonesia,” ungkap Presiden.

Selama kunjungan Raja Belanda, menurut Presiden, kedua negara telah melakukan penandatanganan berbagai kerja sama antarpemerintah, ”Beberapa kerja sama yang baru yang penting antara lain keberkelanjutan kerja sama dalam isu women, peace, and security, kemudian kerja sama pengelolaan pengendalian penyakit menular,” tukasnya.