Wapres Maruf Amin Minta Para Dai Turut Berperan Tangkal Radikal Terorisme

Rahmad Novandri | Senin, 09/03/2020 21:57 WIB
Wapres Maruf Amin Minta Para Dai Turut Berperan Tangkal Radikal Terorisme KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden RI KH Ma`ruf Amin meminta para dai di Indonesia untuk turut berperan dalam mengatasi persoalan radikal terorisme di dalam negeri lewat penyampaian dakwah agama Islam yang membawa kesejukan. Hal itu disampaikan Kiai Ma`ruf saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) di Istana Wapres, Senin, 9 Maret 2020.

"Saya juga harap, mohon bantuan para dai untuk ikut menanggulangi radikalisme. Radikalisme yang kita maksud tentu radikalisme yang negatif. Makanya kita menyebutnya radikal terorisme, radikal yang mengarah kepada soal terorisme," kata Kiai Ma`ruf.

Baca Juga: Virus Corona, Wapres Maruf Amin: Kesempatan Produksi Obat Dalam Negeri

Mustasyar PBNU itu mengatakan Pemerintah menganggap penanggulangan radikal terorisme menjadi isu penting yang harus dikerjakan oleh seluruh pihak karena mengganggu ketenangan dan stabilitas keamanan di dalam negeri. Dijelaskannya, peran dai menjadi penting karena radikalisme bermula dari pola pikir yang terlalu fanatik dalam menjalankan ajaran agama dan menganggap kelompok lain salah, sehingga berdampak pada perbuatan teror.

"Sebenarnya radikalisme itu bermula dari pemahaman yang tidak toleran, pemahaman yang menganggap orang lain itu salah, sesat, bahkan kafir. Jadi kelompok ini kita sebut sebagai ego kelompok, fanatisme kelompok, yang lain itu (menurut orang radikal) adalah salah, semua salah, bahkan kafir," tuturnya.

Baca Juga: Wapres Kiai Maruf Minta Khatib Sampaikan Khotbah Toleran

Kiai Ma`ruf menilai, kesamaan berpikir umat Islam dalam menghargai perbedaan pendapat dalam beragama perlu diterapkan. Hal itu, lanjutnya, bisa dimulai dari penyebaran dakwah oleh para dai.