Komisi IV DPR Minta Bulog Antisipasi Kebutuhan Pangan Nasional Akibat Virus Corona

Rahmad Novandri | Kamis, 05/03/2020 18:20 WIB
Komisi IV DPR Minta Bulog Antisipasi Kebutuhan Pangan Nasional Akibat Virus Corona Dedi Mulyadi (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI). (Foto: twitter @DedyMulyadi71)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengatakan saat ini dunia tengah digegerkan oleh virus Corona, tentunya hal ini mempengaruhi ketersediaan pangan nasional. Ia berharap Bulog dapat mengantisipasi seluruh kebutuhan pokok baik secara regional maupun nasional.

Baca Juga: Komisi IV DPR Dukung Pelibatan Nelayan Program KKP

Kendati demikian, Dedi mengimbau pihak Bulog harus siap dengan segala kemungkinan terjadi akibat virus Corona. Untuk itu, ia meminta Bulog bisa mengantisipasi kebutuhan tersebut dengan baik.

“Mau tidak mau dan siap tidak siap akan menghantui sistem ketahanan pangan Indonesia, mengingat sebagian besar bahan baku dan pangan adalah impor,” ucap Dedi dilansir dari dpr.go.id, Kamis, 5 Maret 2020.

Dedi meminta agar Bulog menghitung berapa kebutuhan pokok rakyat Indonesia dalam setahun ke depan. Kemudian, berapa yang biasa diproduksi dalam negeri, berapa yang impor. Selanjutnya, impor itu dari negara mana, tingkat risiko impornya itu seberapa besar.

“Sehingga sudah bisa diantisipasi oleh kita ketersediaan kebutuhan pokoknya, kalau impornya misalnya digeser ke negara mana atau kemudian apa yang bisa kita tanam sekarang untuk memenuhi kebutuhan itu, dan saya pikir sudah bisa dihitung dari sekarang,” terangnya.

Baca Juga: Komisi IV DPR Desak Pemerintah Bentuk Badan Pangan Nasional

Politisi Fraksi Partai Golkar ini mengungkapkan, jika memang jalan keluar tetap melakukan impor maka cari impor yang sesuai dengan kemampuan keuangan negara. Jika biasanya Indonesia impor dari China karena rata-rata harganya murah, maka cari negara lain yang impornya memiliki standar harga yang sama.