Kemensos Fokuskan ke Program-program Bantuan Sosial

M. Isa | Rabu, 04/03/2020 20:59 WIB
Kemensos Fokuskan ke Program-program Bantuan Sosial Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Jakarta (foto: kemsos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) akan memfokuskan program-program bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai dan Indonesia Pintar.

Selain itu, kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, pemerintah juga akan memutakhirkan data keluarga miskin agar lebih akurat.

”Dan juga untuk melihat kembali jenis-jenis bantuan sosial yang bersifat subsidi barang: subsidi listrik, subsidi pupuk dan sebagainya. Kemudian Bapak Presiden juga memerintahkan kami untuk berkoordinasi dalam rangka pemutakhiran data, data keluarga miskin,” kata Mensos Juliari Batubara di Komplek Istana Merdeka, Rabu 4 Maret 2020.

Dilansir setkabgoid, Juliari menjelaskan bahwa anggaran yang diambil dialokasikan APBN ke bantuan-bantuan atau subsidi barang tersebut sangat besar, “Malah jauh lebih besar daripada bantuan-bantuan sosial yang berupa cash, begitu ya,” urai Mensos.

Soal pemutakhiran data, Mensos menilai hal ini wajar karena jumlah penduduk besar sekali, nanti akan dirapatkan kembali antar beberapa kementerian/lembaga terkait.


Berita Terkait :