Pulau Sebaru Siap Jadi Lokasi Observasi WNI ABK Kapal World Dream dan Diamond Princes

M. Isa | Minggu, 01/03/2020 16:01 WIB
Pulau Sebaru Siap Jadi Lokasi Observasi WNI ABK Kapal World Dream dan Diamond Princes Menko PMK Muhadjir tinjau lokasi obsevasi untuk ABK Kapal World Dream dan Diamond Princes di Pulau Sebaru (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta telah siap untuk menjadi lokasi observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar World Dream dan Diamond Princess.

“Semua tenaga kesehatan dan peralatan telah disiapkan dengan optimal. Semua tenaga TNI/Polri dan pendukung siap,” tutur Menko Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan, nantinya WNI dari dua kapal pesiar tersebut akan diobservasi terpisah dan secara teknis akan ada dua blok terpisah untuk masing-masing kelompok.

“Nanti ada dua blok, ada blok dari World Dream dan ada blok dari Diamond Princess. Batas untuk kelompok tersebut dibuat jelas dan tidak akan terjadi kumpul di antara keduanya,” jelas Muhadjir.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Indonesia melakukan upaya pemulangan 69 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princes ke tanah air.

Dalam proses pemulangan puluhan ABK itu, tim Gabungan yang terdiri dari TNI, Kemenkes, Kemenlu RI dan KBRI Tokyo didukung sepenuhnya oleh Kemlu Jepang serta Aparat Kesehatan Jepang.

Setelah makan hidangan santap siang yang dikirim oleh KBRI Tokyo, WNI ABK tersebut turun satu persatu untuk diukur suhu tubuhnya. Mereka yang suhunya lebih panas dari angka yang ditetapkan oleh Protokol Kesehatan Indonesia diminta untuk kembali ke kapal.


Berita Terkait :