BNPB Gelar Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2020 di Kota Pariaman

Rahmad Novandri | Selasa, 25/02/2020 21:40 WIB
BNPB Gelar Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2020 di Kota Pariaman Kota Pariaman. (Foto: twitter @monovalen_)

PARIAMAN, RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggelar peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional pada 26 April 2020 di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan menyampaikan bahwa kegiatan tahunan ini untuk mengajak masyarakat melakukan evakuasi mandiri.

"Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ini merupakan acara tahunan yang pada kegiatan itu kami mengajak warga untuk melakukan evakuasi mandiri," ujarnya.

Baca Juga: Tahun 2019, Kunjungan Wisatawan ke Pariaman Naik 3,8 Juta

Lilik beralasan, tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesiapsiagaan warga yang berada di wilayah rawan bencana Tsunami. Tak hanya itu, BNPB juga mengajak masyarakat menanam pohon di pinggir pantai bersama-sama.

"Nanti kami juga memastikan sistem peringatan dini tsunami di Kota Pariaman berfungsi dengan baik," imbuhnya.

Baca Juga: Genius Umar: Berkah Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2019

Sementara itu, Wali Kota PAriaman Genius Umar mengatakan bahwa pihaknya akan melibatkan seluruh pihak baik TNI-Polri serta elemen masyarakat. "Ini tentu bermanfaat untuk kesiapsiagaan bencana warga di Kota Pariaman," tutur Genius.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut perlu dilakukan karena bencana merupakan peristiwa yang berulang, sehingga diperlukan peningkatan pemahaman warga tentang kesiapsiagaan bencana.