Komitmen Pertahankan GSP, Menteri Agus Temui USTR di Washington DC

M. Isa | Selasa, 18/02/2020 19:58 WIB
Komitmen Pertahankan GSP, Menteri Agus Temui USTR di Washington DC Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: Humas Kemendag)

WASHINGTON DC, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto menyatakan bahwa Indonesia terus berkomitmen untuk mempertahankan fasilitas sistem tarif preferensial umum (Generalized System of Preference/GSP) bagi produk ekspor Indonesia di Amerika Serikat (AS).

Hal itu disampaikan Mendag Agus Suparmanto dalam rilis melalui kemendag.go.id, Selasa 18 Februari 2020. Dalam pertemuannya Duta Besar Robert E. Lighthizer beberapa waktu lalu, Mendag membahas soal penerapan GSP Negara.

"Pertemuan ini membahas beberapa perkembangan Peninjauan Kembali Penerapan GSP Negara untuk beberapa produk ekspor Indonesia yang telah dimulai pemerintah AS pada April 2018. Agenda ini adalah agenda utama kunjungan ke AS kali ini karena penting bagi Indonesia untuk menjaga hubungan perdagangan bilateral dan mempertahankan fasilitas GSP dari AS agar dapat terus mendorong perdagangan kedua negara," kata Mendag.

Agus menjelaskan kepada Dubes Lighthizer bahwa sejak pertemuan terakhir Menteri Perdagangan dan USTR pada Juli 2018, Pemerintah Indonesia telah gencar melakukan beberapa pertemuan internal di dalam negeri untuk mengakomodasi keinginan AS dalam menekan defisit perdagangan dengan Indonesia.

“Pertemuan ini dilakukan sebagai komitmen Indonesia untuk segera menentukan penyelesaian bagi sejumlah isu yang menjadi perhatian pemerintah AS terkait GSP yang masih belum didapatkan kesepakatan,” ujar Mendag.

Terkait dengan isu tersebut, Mendag mengungkapkan, Indonesia telah menyelesaikan dua isu hambatan akses pasar yang menjadi perhatian Pemerintah AS yaitu reasuransi dan impor produk holtikultura.

 

 


Berita Terkait :