Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Perhatikan Flora dan Fauna Serta Reboisasi

Rahmad Novandri | Jum'at, 14/02/2020 20:32 WIB
Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Perhatikan Flora dan Fauna Serta Reboisasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi TNGM Jurang Jero, Magelang, Jumat (14/2). (Foto: twitter @Setkabgoid)

MAGELANG, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa saatnya memulai hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem satwa, flora-fauna, kemudian juga penanaman kembali atau reboisasi di kawasan-kawasan yang sering banjir dan tanah longsor.

“Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero memiliki kemampuan untuk menampung 6 pasang Elang Jawa, tetapi yang dilepas hari ini hanya satu pasang,” ujar Jokowi usai melepas Elang Jawa secara simbolis di TNGM Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat, 14 Februari 2020.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Kementerian Antisipasi Dampak Isu Corona pada Ekonomi

Menurutnya, Kalau nanti ada lagi Elang Jawa yang dilepas, maka burung-burung yang kecil juga turut dilepas untuk makanan elang. Hal itu untuk menjaga ekosistem hewan di Taman Nasional tersebut.

Sebelumnya, Jokowi turut menanam tanaman vetiver yang berfungsi untuk penghijauan. Selain itu, tanaman tersbeut juga berfungsi untuk melindungi daerah yang rawan longsor.

“Tadi kan sudah saya sampaikan juga di sana, tanam vetiver, tanam tanaman-tanaman yang juga fungsi hijaunya ada tapi fungsi ekonominya juga ada,” tuturnya.

Baca Juga: Cegah Longsor, Jokowi Tanam Rumput Vetiver di Bogor

Turut hadir dalam agenda ini, Mensesneg Pratikno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Gubernur Provinsi DIY Sultan Hamengkubuwono X.