Terima Delegasi Hungaria, Gus Muhaimin Dorong Diplomasi Sawit ke Uni Eropa

Rahmad Novandri | Selasa, 11/02/2020 20:11 WIB
Terima Delegasi Hungaria, Gus Muhaimin Dorong Diplomasi Sawit ke Uni Eropa Wakil ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) menerima kunjungan delegasi Hungaria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Koorkesra) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin menegaskan bahwa dukungan Pemerintah dan Parlemen Hungaria sangat penting dalam memberikan pandangan yang seimbang terkait minyak sawit Indonesia kepada mitra Uni Eropa. Sebab, menurutnya, Hungaria memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam posisinya di Uni Eropa.

Baca Juga: Gus Muhaimin Pimpin Pertemuan Asosiasi Nelayan dengan Menteri KKP

Pada kesempatan itu, Gus Muhaimin mengungkapkan bahwa dirinya secara khusus meminta dukungan kepada Parlemen Hungaria agar dapat membantu membuka pintu pasar Eropa yang seringkali diboikot karena terdampak isu lingkungan. Upaya itu agar produk sawit Indonesia dapat diterima kembali oleh Negara-negara Eropa.

“Hungaria memiliki pengaruh yang sangat besar hari ini, meningkat tajam bagi masyarakat di Eropa terutama di dalam Uni Eropa. Posisi Hungaria yang maju ini akan penting bagi kebutuhan kita untuk meyakinkan parlemen Eropa agar produk-produk Indonesia terutama sawit yang sedang kita konsentrasikan untuk dapat kita buka lagi pintu ekspor produksi sawit,” ujar Gus Muhaimin saat menerima kunjungan Delegasi Parlemen Hungaria yang dipimpin Wakil Ketua Parlemen Hungaria Istvan Jakab di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020.

Baca Juga: 16,2 Juta Rakyat Hidup dari Sawit, Gus Muhaimin Minta Sanksi Eropa Dicabut

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mendorong peningkatan investasi antar kedua negara serta kualitas pendidikan. Pertemuan tersebut juga menyepakati keinginan peningkatan pengiriman delegasi profesional antar kedua negara di bidang ekonomi yang bertujuan agar kedua negara dapat berperan strategis di mata dunia.

“Terakomodasinya beberapa project investasi yang ada di Indonesia sungguh sangat menguntungkan terutama investasi di bidang pertanian, kelautan, industri, dan teknologi. Investasi-investasi ini akan membawa kemajuan bagi Indonesia sekaligus Hungaria agar punya peran strategis di mata dunia,” tandasnya. 


Berita Terkait :