Gus Halim Ajak Kampus UNIMA Majukan Desa

M. Isa | Jum'at, 07/02/2020 16:47 WIB
Gus Halim Ajak Kampus UNIMA Majukan Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar memberikan kuliah umum di Kampus UNIMA, Manado (foto: kemendesa)

MANADO, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam kuliah umum di Universitas Negeri Manado (UNIMA), Manado, Sulawesi Utara, Jumat 7 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Gus Halim mensosialisasikan program Kampus Merdeka yang melibatkan mahasiswa dalam membangun desa. Hingga saat ini banyak desa yang masih memerlukan sentuhan dari kampus khususnya para mahasiswa.

"Ini adalah salah satu kebijakan yang luar biasa untuk mendukung pembangunan desa, menuju Indonesia unggul, menuju indonesia maju," kata Gus Halim.

Melalui Kampus Merdeka, kata Gus Halim, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar kampus, diganti dengan pengabdian yang disebut proyek desa.

Sebaliknya, Kepala Desa akan terbantu pendampingan langsung dari para pemikir yang datang dari berbagai kampus, ”Proyek desa itu bisa berupa proyek sosial untuk membantu masyarakat di pedesaan atau daerah terpencil dalam membangun ekonomi rakyat, infrastruktur dan lainnya. Dapat dilakukan bersama dengan aparatur desa BUMDes, Koperasi, atau organisasi desa lainnya,” ungkapnya.

Untuk itu, Gus Halim mengajak kampus UNIMA untuk bergabung dengan Perguruan Tinggi Desa (PERTIDES), forumnya para rektor atau kampus yang dikoordinir oleh Kemendes PDTT.