Alat Pendeteksi Virus Corona Diapresiasi WHO

M. Isa | Rabu, 05/02/2020 17:44 WIB
Alat Pendeteksi Virus Corona Diapresiasi WHO Menteri Kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, menyebutkan World Healtd Organization atau WHO mengapresiasi Indonesia dalam melakukan pemeriksaan virus corona terhadap WNI dari Wuhan.

Indonesia menggunakan alat dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Atalanta, Amerika Serikat untuk melakukan pemeriksaan virus corona. Alat ini sudah terakreditasi.

“Karena itu tidak diragukan lagi apa yang kita hasilkan. Makanya WHO kan juga sangat mengapresiasi Indonesia di dalam pemeriksaannya dan sebagainya dan terbukti kita sudah terakreditasi untuk itu,” kata Menteri Kesehatan dr Terawan dikutip laman setkabgoid, Rabu 5 Februari 2020.

Terawan menegaskan bahwa barang-barang serta yang diimpor dari China tetap aman karena yang dilarang adalah orang, binatang, dan virusnya. Aturannya, menurut Menkes, sudah ada karena terbukti yang membawa hewan kesayangan seperti kucing sudah dilarang semuanya.

Soal para turis dari negara lain yang masuk, Terawan menyampaikan pemeriksaannya sudah sangat ketat dengan diperiksa satu per satu menggunakan detector, kemudian pakai hand gun thermal, serta pengecekan surat-surat kesehatan yang bersangkutan.

 


Berita Terkait :