Cegah Longsor, Jokowi Tanam Rumput Vetiver di Bogor

M. Isa | Senin, 03/02/2020 17:39 WIB
Cegah Longsor, Jokowi Tanam Rumput Vetiver di Bogor Presiden Jokowi tanam rumput Vetiver di lokasi bekas longsor di Kabupaten Bogor, Jabar (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan ke lokasi rehabilitasi pasca longsor di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Senin 3 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga melakukan peninjauan ke lokasi yang sedang direhabilitasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan pemasangan tanggul penahan sedimen yang terbuat dari bronjong.

Presiden Jokowi juga meninjau Kebun bibit Desa Kantor Kecamatan Sukajaya, di Desa Pasir Madang, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang digunakan untuk pemulihan lingkungan dan penanggulangan bencana.

Di sana, Presiden Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri KLHK Siti Nurbaya melakukan penanaman rumput Vetiver yang akar serabutnya dapat masuk menembus tanah hingga kedalaman 6 meter dan menahan lapisan tanah serta mampu mencegah erosi dan sedimentasi, memperbaiki kualitas tanah, juga memperbaiki kualitas air.

”Jadi ini adalah vetiver yang ini kita tanam. Fungsinya adalah agar lahan-lahan yang ada ini tidak kritis, karena akarnya bisa sampai 3-4 meter ini, vetiver ini, ya,” kata Presiden Jokowi.