Kemensos Kirimkan Bantuan Logistik ke Daerah Terdampak Banjir

M. Isa | Senin, 03/02/2020 15:52 WIB
Kemensos Kirimkan Bantuan Logistik ke Daerah Terdampak Banjir Kemensos salurkan bantuan logistik ke daerah terdampak banjir (foto: kemsos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan bantuan logistik dan tim asesmen ke berbagai daerah di Indonesia yang terdampak banjir dan tanah longsor. 

“Prioritas utama Kementerian Sosial dalam setiap peristiwa bencana adalah perlindungan sosial korban bencana. Untuk itu, ketika terjadi banjir bandang di sejumlah daerah, secepatnya kami kirimkan bantuan kebutuhan dasar seperti makanan, selimut, pakaian anak dan dewasa, peralatan kebersihan, serta menurunkan Tagana dan tim asesmen untuk mendata lebih lanjut kebutuhan warga”, kata Menteri Sosial, Juliari P. Batubara di Jakarta, Minggu 2 Februari 2020 kemarin.

Juliari Batubara menuturkan bahwa hujan deras di sejumah daerah pada Sabtu (1/2) menyebabkan banjir bandang dan warga mengungsi. Di Provinsi Banten, hujan lebat yang terjadi sejak Sabtu 1 Februari 2020 menyebabkan banjir di tiga wilayah yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang. Di Jawa Timur, hujan lebat menyebabkan tiga kabupaten terendam yakni Kabupaten Jember, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Bondowoso. 

Selanjutnya, banjir juga melanda Kabupaten Banjar, Kota Jakarta Barat, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bandung, serta banjir dan longsor di Kabupaten Klaten.

“Tim dari Kementerian Sosial telah berkoordinasi dengan masing-masing Dinas Sosial (Dinsos) di kota dan kabupaten terdampak. Yang pertama, tentunya memastikan evakuasi warga telah berjalan didukung tim dari TNI, Polri, perangkat desa dan warga”, kata tuturnya.

TAG : Banjir , Kemensos

Berita Terkait :