Cegah Corona, Indonesia Stop Bebas Visa dan Larang WN China Transit

Ahmad Zubaidi | Minggu, 02/02/2020 16:54 WIB
Cegah Corona, Indonesia Stop Bebas Visa dan Larang WN China Transit Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (foto kemlugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia mengambil sikap tegas guna mencegah masuknya virus corona dari China. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, Indonesia secara resmi menghentikan sementara kebijakan bebas visa kunjungan dan visa on arrival bagi seluruh warga negara China.

“Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival, untuk WN RRT, yang bertempat tinggal di mainland China untuk sementara dihentikan," kata Retno di Pangkalan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu, 2 Februari 2020.

Retno sendiri enggan membeberkan sampai kapan kebijakan penghentian sementara bebas visa bagi warga China itu diambil oleh pemerintah RI.

Menurut dia, pemerintah Indonesia juga melarang pemegang paspor China masuk dan transit ke kawasan Indonesia. Larangan tersebut juga berlaku untuk warga negara asing yang melakukan perjalanan ke Negeri Tirai Bambu dalam 14 hari terakhir.

"Semua pendatang yang tiba dari China daratan dan sudah berada di sana selama 14 hari, untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia," tambah Retno.

Retno menyatakan pemerintah turut menunda semua penerbangan langsung dari dan menuju China untuk sementara waktu. Penundaan itu akan dimulai hari Rabu pukul 00.00 WIB.

"Penerbangan langsung dari dan ke RRT ditunda untuk sementara. Mulai hari Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB," tambahnya.


Berita Terkait :