Kemenkes Siapkan 100 Rumah Sakit Tangani Virus Corona

Rahmad Novandri | Senin, 27/01/2020 17:12 WIB
Kemenkes Siapkan 100 Rumah Sakit Tangani Virus Corona Menteri Kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan menyampaikan bahwa pengecekan sesuai standar operasional prosedur (SOP) menjadi salah satu cara mencegah penyebaran virus corona. Dia menyebut, pemerintah juga telah menunjuk 100 rumah sakit dalam uoaya penanganan virus ini.

"Yang penting adalah standar operasional prosedur yang ada, baik pintu-pintu masuk negara kita dilakukan dengan benar. Yang kedua, semua rumah sakit yang sudah ditunjuk, ada 100 rumah sakit itu siap dengan SOP yang benar," kata Terawan di Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.

Baca Juga: Apa Beda Wisata Kesehatan dan Wisata Kebugaran? Ini Penjelasan Menkes

Menteri Terawan juga meminta masyarakat memperhatikan daya tahan tubuh sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Terawan menuturkan, orang yang imunitasnya baik tidak akan mudah terjangkit virus corona.

"Sudah kami cek dan mereka dalam kewaspadaan yang tinggi. Karena itu sekarang tugas masyarakat apa, jaga imunitas tubuhnya supaya tidak mudah kena. Kalau pun kontak juga gak akan kena. Karena apa, imunitasnya baik," ujarnya.

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan Jokowi Pilih dr. Terawan Jabat Menkes

Terawan menyebut 100 rumah sakit yang telah ditunjuk tersebut sudah dipastikan menerapkan SOP yang benar terkait penanganan virus corona. Soal pembiayaan penanganan dengan Puskesmas atau BPJS, terawan menegaskan bahwa fokus pemerintah saat ini adalah penyelamatan.

"Saya ndak pikirkan itu. Administrasi tidak usah dipikir. Yang paling penting adalah kita menyelamatkan semuanya supaya jangan sampai menjadi wabah. Administrasi tidak ada lah ya. Nomor satu adalah kesiapsiagaan kita semua," pungkasnya. 


Berita Terkait :