Virus Corona, Presiden Jokowi Perintahkan Menteri Kesehatan Awasi Detail

M. Isa | Sabtu, 25/01/2020 16:45 WIB
Virus Corona, Presiden Jokowi Perintahkan Menteri Kesehatan Awasi Detail Presiden Jokowi (foto: kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengawasi secara detail melalui scanner setiap kedatangan dari luar negeri.

“Saya sudah perintahkan ke Menteri Kesehatan untuk diawasi secara detail, diawasi. Dan kita kan juga sudah siap mencek dengan scanner setiap kedatangan dari luar siapapun yang kita perkirakan kemungkinan besar terjangkit itu,” kata Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat 24 Januari 2020.

Berdasarkan laporan, kata Presiden Jokowi, di Indonesia tidak ada yang terinfeksi virus corona, “Sampai sekarang informasi yang saya terima dan moga-moga seterusnya tidak ada yang terjangkit corona,”  tutur Jokowi.

Dilansir setkabgoid, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan termoscanner di 135 pintu keluar masuk negara Indonesia untuk mengetahui apakah orang tersebut terjangkit atau tidak.

”135 pintu negara baik udara, laut, maupun darat yang jaga petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan. Yang paling awal bisa dideteksi adalah dengan termoscanner untuk mendeteksi suhu tubuh,” jelasnya.

Bandara-bandara di seluruh Indonesia terutama yang mempunyai penerbangan langsung dari Cina, meningkatkan kewaspadaan di antaranya dengan mengaktifkan thermal scanner, memberikan health alert card dan KIE pada penumpang.