Usai Hadiri Pertemuan CDI di Yogyakarta, PM Hungaria Bertemu Presiden Jokowi

M. Isa | Kamis, 23/01/2020 22:45 WIB
Usai Hadiri Pertemuan CDI di Yogyakarta, PM Hungaria Bertemu Presiden Jokowi Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Hungaria Victor Orabn di Istana Merdeka (foto: Facebook Presiden Joko Widodo)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Hungaria, Victor Orban di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.

Kedua pimpinan negara itu membahas seputar kerjasama di sejumlah bidang yakni proyek penyediaan air bersih yang diimplementasikan di 36 daerah dari 12 provinsi di Indonesia.

“Saya menerima tamu dari jauh, dari Eropa tengah, Perdana Menteri Hungaria Viktor Orbán di Istana Merdeka, hari ini. Kami membahas kerja sama di sejumlah bidang. Di antaranya tentang proyek penyediaan air bersih yang sudah selesai Desember 2019 dan diimplementasikan di 36 daerah di 12 provinsi di Indonesia,” kata Presiden Jokowi dikutip laman facebooknya.

Selain itu, kata Presiden Jokowi, pertemuan itu juga membahas terkait program beasiswa untuk mahasiswa Indonesia dan pelatihan sepakbola di Hungaria. “Ada program beasiswa di mana pemerintah Hungaria menyediakan 100 beasiswa untuk mahasiswa Indonesia,” jelasnya.

“Hungaria juga berkomitmen untuk menyederhanakan proses visa bagi warga negara Indonesia,”

Hungaria juga, jelas Jokowi, menawarkan kerja sama membangun rumah sakit yang berfokus kepada terapi kanker, onkologi, dan pengembangan rumah sakit militer.

Diketahui, sebelumnya PM Hungaria Victor Orban menjadi panelis di acara forum executive commite meeting Centris Democrat International (CDI) di Yogyakarta bersama Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar dan petinggi partai politik yang tergabung di CDI.