PKB Batu Orbitkan Dalang dari Kader Muda NU Dalam Peringatan Haul Gus Dur

Rahmad Novandri | Kamis, 23/01/2020 16:19 WIB
PKB Batu Orbitkan Dalang dari Kader Muda NU Dalam Peringatan Haul Gus Dur Ketua DPC PKB Kota Batu Nurochman menyerahkan wayang kepada Dalang saat peringatan Haul Gus Dur di Batu, Malang, Jawa Timur, Selasa (21/1). (Foto: istimewa)

BATU, RADARBANGSA.COM - Semarak peringatan satu dekade haul Gus Dur di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Batu, Selasa, 21 Januari 2020 tak luput dari unsur Budaya. Kegiatan yang dikemas secara sederhana ini selain tampilkan group Sholawat Banjari, PKB Batu hadirkan dalang dari Kader Muda Nahdhatul Ulama (NU), Dedi Setiawan Hariadi, untuk memberikan sajian Pentas Wayang.

Koordinator kegiatan, Safarudin Rasul, menyampaikan dalam kegiatan kali ini kami mengambil tema `Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan`. Hal itu dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengenang perjuangan Gus Dur semasa hidup.

"Kita tentu tahu, bahwa Gus Dur semasa hidupnya juga banyak memberikan ilmu melalui sektor budaya. Karena itu, dalam kegiatan kali ini kami sajikan pentas wayang untuk mengambil ibrah dari perjuangan beliau," tutur Safarudin yang juga menjabat Sekretaris DPC PKB Batu.

Baca Juga: Suasana Khidmat dan Haru Selimuti Peringatan Satu Dekade Haul Gus Dur di PKB Kota Batu

Sementara itu, tampilan pentas wayang disambut baik dan mendapat apresiasi dari warga setempat yang hadir dalam kegiatan tersebut. Hal itu disampaikan oleh Ali Musthofa, "PKB selalu punya terobosan kreasi baru. PKB mampu mengorbitkan dalang dari kalangan muda NU. Jarang kami temukan ditempat lain, khususnya di Batu. Semoga PKB Batu bisa menjadi teladan bagi elemen lain," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan M Zuhron Muslih, Kader Muda PKB Batu, ia mengungkapkan rasa harunya. "Peringatan satu dekade Gus Dur kali ini, saya rasakan berjalan begitu khidmat. Memang, perjuangan Gus Dur juga banyak dilakukan lewat sektor budaya. Semoga kita semua mampu menjadikan perjuangan beliau sebagai spirit kita untuk terus kiprah di masyarakat," ungkapnya.

Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan tersebut, Nurochman, Ketua DPC PKB Kota Batu serah terima wayang kepada dalang sebagai simbolis dimulainya pentas wayang. Nurochman memberikan sedikit statement, bahwa Gus Dur selain tokoh agama dan politik, beliau juga dikenal sebagai tokoh Budayawan Nasional.

Sebagai tambahan informasi, hadir dalam peringatan satu dekade Gus Dur ini dari banyak elemen, tak terkecuali jajaran Kyai dan Ulama Kota Batu. Seperti, KH. Ali Murtadlo, KH. Hazim Sirojuddin, KH. Abu Said, KH. Ahmad Nur Shodiq, KH. Burhanul Arifin, Kyai Abdul Munib. Hadir juga pendiri PKB Kota Batu, H. Ismail Hasan. Lalu dari unsur lainnya, H. A. Jazuli (Aktivis GusDurian Batu), H. A. Rifa`i (Aktivis Lingkungan dan Budayawan Batu) dan tokoh elemen masyarakat lainnya. (mha)


Berita Terkait :