Pimpin Executive Meeting CDI, Gus Muhaimin Singgung Kompetisi Geopolitik

Ahmad Zubaidi | Kamis, 23/01/2020 09:24 WIB
Pimpin Executive Meeting CDI, Gus Muhaimin Singgung Kompetisi Geopolitik Gus Muhaimin berswafoto dengan sejumlah delegasi CDI di lokasi Executive Committee Meeting di Yogyakarta (foto Radarbangsa/TAP)

SLEMAN, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar memimpin Executive Commite Meeting Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta. Acara ini digelar selama 3 hari mulai 22 hingga 23 Januari 2020.

Gus Muhaimin berujar, pertemuan akan membahas peluang dan tantangan yang muncul dalam tatanan dunia baru di Asia dan Eropa. Wakil Ketua DPR itu menilai forum Eurasia merupakan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para pemimpin dunia untuk membentuk aliansi abad ke-21.

“Berdasarkan nilai-nilai universal dan kemanusiaan yang dimiliki bersama yang mendasari tradisi agama dan budaya masing-masing. Aliansi semacam itu dapat membantu memastikan bahwa, ketika pusat gravitasi ekonomi dunia bergeser menuju Eurasia, kompetisi geopolitik yang menyertai transisi ini dapat dinavigasi dengan lebih damai, dan tidak berakhir dengan bencana," kata Gus Muhaimin di Hotel Hyatt, Yogyakarta, 22 Januari 2020 malam. 

Di kesempatan yang sama, Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf menilai bahwa Forum Eurasia CDI menandai potensi perkembangan geopolitik yang sangat penting. 

"Banyak pemimpin global yang akan berkumpul di Yogyakarta telah mulai mengartikulasikan, dan mengadopsi, elemen-elemen kunci dari agenda kemanusiaan bersama yang berakar pada nilai-nilai universal, serta prinsip-prinsip spiritual dan filosofis yang diperoleh dari tradisi Yahudi-Kristen dan Islam. Forum Eurasia CDI akan menyediakan tempat yang unik bagi para pemimpin dunia untuk memperkuat aliansi peradaban yang baru lahir ini," jelasnya.

PKB adalah salah satu partai yang tergabung dalam CDI. Forum ini wadah partai-partai berhaluan tengah dari seluruh dunia. Tercatat ada 151 partai bergabung ke dalam CDI. Di Eropa sendiri partai-partai yang tergabung dalam CDI menjadi pimpinan politik seperti Jerman, Austria, Belgia dan negara lainnya.


Berita Terkait :