Nihayah Center Latih Petani Kembangkan Pupuk Organik Hayati

Ahmad Zubaidi | Rabu, 22/01/2020 09:45 WIB
Nihayah Center Latih Petani Kembangkan Pupuk Organik Hayati Suasana pelatihan pengembangan POH yang digelar Nihayah Center bekerjasama dengan LIPI di Genteng, Banyuwangi (dok Nihayah Center)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Komitmen tim Nihayah Center di bawah arahan Anggota DPR RI Nihayatul Wafiroh dalam membantu dan mengkampanyekan pembangunan pertanian dan perekonomian berkelanjutan lewat pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat patut diapresiasi.

Untuk kesekian kalinya, Nihayah Center kembali mengadakan pelatihan pengembangan Pupuk Organik Hayati (POH) pada Selasa, 21 Januari 2020 kemarin di Kembiritan, Genteng, Banyuwangi.

“Kami menggandeng Disperta Banyuwangi dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Alhamdulillah peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini,” kata anggota Tim Nihayah Center, Fiar Bakuh Akbar di sela pelatihan tersebut.

Bakuh menjelaskan, POH adalah hasil penelitian dari Satuan Kerja Pusat Penelitian Biologi LIPI yang dikomandani oleh DR Sarjita Antonius. Sedangkan starter POH LIPI diberi nama Startmik Beyonik.

“Startmik Beyonik berfungsi untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologis tanah sehingga kesuburkan tanah bisa dipertahankan yang selanjutnya produktifitas hasil pertanian bisa ditingkatkan,” tutur dia.

Menurut Bakuh, pelatihan ini diikuti oleh anggota Kelompok Tani (Poktan) Mekar Makmur, Pandan, Kembiritan, Genteng, Banyuwangi.

Pelatihan yang dibuka oleh Ketua Komisi 2 DPRD Banyuwangi dan Anggota Komisi 4 DPRD Banyuwangi, Husnan Abadi, berlangsung sangat dialogis. “Peserta sangat aktif mendiskusikan berbagai macam persoalan terkait pertanian yang mereka geluti,” ujar dia.

Selain dihadiri oleh anggota DPRD dan Poktan Mekar Makmur, pelatihan POH ini juga dihadiri oleh perwakilan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Genteng, Banyuwangi.