Legislator Usulkan Guru Honorer di Daerah Terpencil Diangkat PNS tanpa Tes

M. Isa | Selasa, 21/01/2020 20:48 WIB
Legislator Usulkan Guru Honorer di Daerah Terpencil Diangkat PNS tanpa Tes Peserta tes CPNS di Kementerian Desa PDTT Jakarta (foto: kemendes)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi II DPR RI melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo dan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 20 Januari 2020.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi II DPR RI Cornelis mengusulkan agar para guru honorer yang sudah bekerja selama bertahun-tahun yang berada di daerah-daerah terpencil diberikan keistimewaan untuk bisa langsung diangkat menjadi pegawai negeri sipil tanpa perlu melalui tes.

“Saya yakin negara tidak akan bangkrut. Karena guru-guru SD inpres yang ada di pelosok itu telah mengajar disekolah-sekolah daerah terpencil sejak jaman pemerintahan Presiden Soeharto, dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Cornelis dikutip laman dprgoid, Selasa 21 Januari 2020.

Menurut Cornelis, sesuai dengan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) jika mereka (para guru) tidak disejahterakan oleh pemerintah.

“Bagaimana kita akan membangun SDM sesuai visi dan misi Presiden, kalau makan mereka tidak tercukupi dan kesehatannya buruk,” katanya.


Berita Terkait :