Dari 10 Parpol, PKB Paling Peduli Pemerataan Ekonomi

Sodiqul Anwar | Selasa, 14/01/2020 20:49 WIB
Dari 10 Parpol, PKB Paling Peduli Pemerataan Ekonomi Logo PKB

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Empat sarjana dari Australian National University (ANU) merilis hasil survei terhadap partai politik di Indonesia dengan judul "Mapping the Indonesian Political Spectrum." Dilansir dari laman faktadata.com pada Selasa, 14 Januari 2020, objek dari survei ini adalah 10 Partai Politik di Indonesia pada tahun 2018 silam.

Hasilnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi partai yang paling getol memperjuangkan pemerataan ekonomi dengan skala 4,26 persen.

Urutan berikutnya diikuti oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 4,3 persen, PDIP 4,44 persen, PAN 4,69 persen, PKS 5,05 persen, Golkar 5,19 persen, Demokrat 5,49 persen, Nasdem 5,5 persen, dan Hanura 5,58 persen.

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), M. Hasanuddin Wahid menyambut baik hasil survei ini. Menurut dia, PKB terbukti tidak hanya peduli pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga pemerataan.

“PKB menyambut baik hasil survei ini. Tentu komitmen kami bukan hanya soal pertumbuhan ekonomi, tetapi juga pemerataan yang sudah kami gaungkan selama ini,” kata Hasan di Jakarta, Selasa, 14 Januari 2019.

Menurut Hasan, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi harus tumbuh seimbang di Indonesia. Sebagai contoh jika pemerintah hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi saja, maka ketimpangan justru akan tetap merajalela.

“Pertumbuhan ekonomi kalau tidak diimbangi dengan pemerataan justru akan timpang. Ini malah bahaya kalau dibiarkan,” ungkap dia.

Untuk diketahui, survei di atas menggunakan spectrum penilaian berbasis skala 1 hingga 10 persen. Semakin kecil skala yang dihasilkan menunjukkan kecenderungan pemerataan (equality). Sedangkan yang menunjukan angka 10 merujuk pada pertumbuhan (growth).