Bicara di Forum ADSW 2020, Jokowi Ajak Berbagai Negara Investasi di Indonesia

M. Isa | Senin, 13/01/2020 21:38 WIB
Bicara di Forum ADSW 2020, Jokowi Ajak Berbagai Negara Investasi di Indonesia Presiden Jokowi menjadi keynote speaker di acara ADSW 2020 (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi keynote speaker pada forum Abu Dhabi Suistainabilitu Week (ADSW) 2020, di Abu Dhabi National Exhibition Centre (ADNEC), Uni Emirat Arab (UEA), Senin 13 Januari 2020.

Dalam forum yang mempertemukan para pemangku kebijakan dari berbagai negara, Presiden Jokowi menyampaikan banyak hal, di antaranya mengenai kecenderungan perubahan energi dan bagaimana Indonesia memainkan peran utamanya di masa depan dalam bidang energi.

“Sebagai produsen nikel nomor satu di dunia, Indonesia siap memasok industri baterai lithium-ion yang berkembang pesat dan semakin penting,” kata Presiden Jokowi.

Dilansir setkabgoid, Presiden mengungkapkan bahwa peran Indonesia dalam memasok nikel kepada dunia adalah bagian dari kontribusi terhadap masa depan energi, dalam hal ini masa depan penyimpanan energi.

Presiden meyakini, elektrifikasi sistem transportasi seperti transisi ke kendaraan listrik akan meningkatkan kebutuhan baterai lithium-ion dan nikel. Fasilitas baterai lithium-ion skala utilitas, seperti fasilitas Tesla di Australia Selatan sangat penting dalam transisi global menuju energi terbarukan.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengajak peserta ADSW 2020 untuk bermitra dengan Indonesia saat membangun industri dalam negeri untuk memproduksi komponen dan pada akhirnya sel baterai sebagai perpanjangan hilir alami dari produksi nikel Indonesia.


Berita Terkait :