Menhub Dijadwalkan Kunjungi Pembangunan Dua Bandara di Jateng

M. Isa | Sabtu, 11/01/2020 17:00 WIB
Menhub Dijadwalkan Kunjungi Pembangunan Dua Bandara di Jateng Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dijadwalkan mengunjungi dua Bandara di Jawa Tenah yang tengah dikembangkan Kemenhub yaitu Bandara Dewadaru di Karimunjawa, Jepara serta Bandara Ngloram Cepu, Blora, Sabtu 11 Januari 2020.

“Dijadwalkan bapak Menhub akan meninjau dua bandara tersebut pada hari ini,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hernadi di Jakarta.

Dilansir dephubgoid, pembangunan Bandara Dewadaru di Karimunjawa Jepara, Jateng dilakukan untuk mempermudah aksesibilitas dan meningkatkan kunjungan wisata, dan akan menjadi pintu gerbang menuju Pulau yang menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bersama Borobudur, Dieng, dan Sangiran.

Saat ini untuk menuju ke Pulau Karimunjawa, bisa diakses melalui pesawat udara dari Bandara Ahmad Yani Semarang dan kapal cepat atau kapal ferry dari Pelabuhan Jepara.

Saat ini Bandara Dewadaru memiliki panjang runway/landas pacu berukuran 1200 x 30 meter dan luas terminal hanya 220 meter persegi. Pada tahun 2020 akan diperpanjang menjadi 1600 m dan akan dilakukan pembangunan terminal baru yang kapasitasnya lebih besar. Ditargetkan pengembangan bandara ini selesai pada tahun 2021.

Sementara, Bandara Ngloram di Kabupaten Blora, Cepu, Jawa Tengah juga tengah dikembangkan Kemenhub untuk menjadi bandara komersial. Harapannya, jika bandara ini sudah dapat beroperasi akan dapat memudahkan investor untuk berinvestasi di daerah Cepu, Blora dan Bojonegoro yang merupakan pusat kegiatan minyak.


Berita Terkait :