Tim Reaksi Cepat `Phala Martha` Berikan Trauma Healing Bagi Korban Banjir

M. Isa | Jum'at, 10/01/2020 16:35 WIB
Tim Reaksi Cepat `Phala Martha` Berikan Trauma Healing Bagi Korban Banjir Tim Reaksi Cepat Phala Martha saat melakukan game bersama anak-anak korban banjir di Kabupaten Bogor (foto: kemsos)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) "Phala Martha" Sukabumi mengerahkan Tim Reaksi Cepat untuk memberikan Layanan Dukungan Psikososial serta Bantuan Sosial Logistik kepada korban bencana longsor di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor sejak Rabu 8 Januari 2020 hingga sekarang.

Diketahui, desa ini merupakan salah satu daerah terdampak bencana longsor dan banjir  di Kecamatan Sukajaya, hingga akhirnya warga yang menjadi korban terpaksa mengungsi di tempat yang lebih aman.

Tim BRSPDM "Phala Martha" yang terdiri dari pekerja sosial, psikolog, dan perawat memberikan Layanan Dukungan Psikososial kepada para korban bencana baik anak-anak maupun orang dewasa.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa trauma healing, dinamika kelompok dengan menyanyi bersama, permainan hoolahoop, permainan siap cepat, permainan balon, dan permainan lainnya. Para pengungsi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Rona wajah ceria mulai tergambar di wajah mereka seakan menghapus kesedihan yang sedang dirasakan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meringankan beban dan  rasa trauma para korban bencana dalam melewati fase pasca bencana. Semoga para korban bencana tetap sehat dan semangat menyambut hari esok.


Berita Terkait :