AS-Iran Memanas, Indonesia Siapkan `Contigency Plan` untuk WNI di Iran dan Irak

M. Isa | Kamis, 09/01/2020 19:52 WIB
AS-Iran Memanas, Indonesia Siapkan `Contigency Plan` untuk WNI di Iran dan Irak Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menjelaskan kondiri terkini ketegangan AS-Iran kepada Presiden (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengungkapkan, perkembangan dunia saat ini cukup mengkhawatirkan. Hal ini menyusul ketegangan antara Amerika Serikat (AS) versus Iran, terutama paska pembunuhan terhadap Jenderal Qassem Soelaimani yang kemudian dibalas Iran dengan meluncurkan peluru kendali ke Pangkalan AS di Irak.

“Indonesia sudah mengirim pesan ke semua pihak terkait untuk menahan diri agar eskalasi yang sedang terjadi tidak memburuk,” kata Menlu Retno Marsudi dilansir setkabgoid, Kamis 9 Januari 2020.

Retno Marsudi mengakui pada pagi ini dirinya telah melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Vietnam, selaku Presiden Dewan Keamanan PBB, yang intinya meminta Presiden Dewan Keamanan untuk terus mengupayakan peredaan ketegangan.

Selain itu, lanjut Retno, Kemlu juga sudah menyiapkan contigency plan untuk para Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Iran, Irak, dan wilayah sekitarnya.

“Semua nomor hotline perwakilan terkait sudah aktif dan dimasukkan di dalam rilis Kementerian Luar Negeri. Dan Kementerian Luar Negeri sudah mengaktifkan crisis center untuk mengantisipasi kemungkinan memburuknya situasi,” ungkapnya.


Berita Terkait :