Bahas Penanganan Banjir, Presiden Jokowi Panggil Tiga Gubernur

M. Isa | Rabu, 08/01/2020 21:27 WIB
Bahas Penanganan Banjir, Presiden Jokowi Panggil Tiga Gubernur Presiden Jokowi panggil tiga gubenur dan bupati yang terdampak banjir (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat terbatas (ratas) dengan tiga Gubernur yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 8 Januari 2020.

Selain bersama Gubernur, Presiden Jokowi juga akan bupati/walikota yang terdampak banjir yang menerjang Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (bodetabek dan Lebak Banten.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengajak para kepala daerah itu untuk mengevaluasi total sistem pengendalian banjir, pengendalian bencana alam, dari hulu sampai hilir sehingga betul-betul kita memiliki strategi besar jangka pendek, menengah, dan panjang.

“Yang saya tahu, sebetulnya masterplan ini juga sudah ada tetapi saya kira implementasi perlu lebih detail lagi, kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, yang berkaitan dengan penghutanan kembali, rehabilitasi hutan, rehabilitasi lahan, reboisasi, tidak bisa tidak, harus segera dikerjakan. “Ini mumpung masih pas hujan, ini saya minta bibitnya segera disiapkan dari Kementerian Kehutanan sehingga bisa kita lakukan dalam bulan-bulan Januari dan Februari ini,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Berita Terkait :