Kemensos Gelar Baksos di Jakarta Timur

M. Isa | Senin, 06/01/2020 18:44 WIB
Kemensos Gelar Baksos di Jakarta Timur Tim Reaksi Cepat (TRC) Kementerian Sosial bidang Rehabilitasi Sosial menggelar bakti sosial (baksos) kepada korban banjir di Jakarta (foto: kemsos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tim Reaksi Cepat (TRC) Kementerian Sosial bidang Rehabilitasi Sosial menggelar bakti sosial (baksos) kepada korban banjir di Jakarta, Senin 6 Januari 2020 di dua lokasi yaitu Posko Pengungsian Kampus Universitas Binawan Cililitan, Jakarta Timur dan Posko Pengungsi di Kantor Kelurahan Gedong Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Di posko pengungsian Kampus Universitas Binawan Cililitan Jakarta Timur, TRC Kemensos bidang Rehsos melakukan Baksos dalam bentuk pemberian bantuan kebutuhan dasar, terapi dinamika kelompok dan ice breaking kepada para korban terdampak banjir tahun baru, khususnya anak-anak dari total pengungsi sebanyak 360 jiwa terdiri dari balita 78, anak 138, lansia 107, dan selebihnya usia dewasa. 

Dalam melaksanakan Baksos, TRC Kemensos bidang Rehsos bekerjasama dengan Program Studi Kesejahteraan Sosial Universitas Binawan.  

Bantuan diterima secara simbolis oleh Dosen Prodi Kesos Universitas Binawan, Puspitasari. "Terima kasih banyak atas bantuannya dan ini sangat bermanfaat untuk pengungsi terutama anak & lansia. Alhamdulillah mereka lebih bahagia dan kebutuhan dasarnya terpenuhi," katanya.

Bantuan kebutuhan sehari-hari yang disalurkan diantaranya mie instan, susu, popok bayi, air mineral. Juga kebutuhan lainnya yang sangat diperlukan para pengungsi yaitu matras, popok dewasa, pembalut, perlengkapan mandi, pakaian layak pakai, selimut, handuk dan alat permainan anak-anak.

Adapun kegiatan ice breaking dan dinamika kelompok meliputi permainan motorik, permainan berhitung, menyanyi, menari, dan mewarnai. Terapi permainan penting dilakukan untuk mengembalikan keceriaan anak-anak pasca terdampak banjir.

Usai melaksanakan baksos di Posko Pengungsian Universitas Binawan Cililitan Jakarta Timur,  TRC Kemensos bidang Rehsos melanjutkan baksos ke Posko Pengungsi di Kantor Kelurahan Gedong Pasar Rebo, Jakarta Timur. Pengungsi di posko ini berjumlah 115 KK, 391 jiwa.

 


Berita Terkait :