DPR Minta Pemerintah Segera Selesaikan Klaim China Atas Natuna

Ahmad Zubaidi | Sabtu, 04/01/2020 13:31 WIB
DPR Minta Pemerintah Segera Selesaikan Klaim China Atas Natuna Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKB, Syaiful Bahri Anshori (dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - China bersikeras memiliki hak di wilayah perairan Natuna, Kepulauan Riau. Beijing mengklaim perairan tersebut termasuk dalam perairan laut China Selatan yang sebagian besar masuk wilayah China.

Anggota Komisi I DPR RI, Syaiful Bahri Anshori mengatakan klaim terhadap wilayah perairan Natuna merupakan persoalan serius yang harus segera di selesaikan.

"Saya kira ini bukan persoalan yang sepele. Ini masalah sangat serius, karena ini menyangkut kedaulatan NKRI sebagai sebuah bangsa dan negara,"ungkap Syaiful lewat keterangan tertulis, Sabtu, 4 Januari 2020.

Syaiful menerangkan Klaim historis China atas ZEE Indonesia dengan alasan bahwa para nelayan China telah lama beraktivitas di perairan tersebut tidak memiliki dasar hukum dan tidak pernah diakui oleh UNCLOS 1982.

"China tidak boleh sembarangan mengklaim begitu, semua ada aturannya," katanya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mendukung penuh pemerintah untuk menyelesaikan kasus ini hingga terang benderang.

"Saya mendukung penuh upaya pemerintah menyelesaikan kasus ini dan menurut saya cara penyelesaiannya dengan cara diplomatik melalui perundingan dan jangan lepas dari tata aturan yang di sepakati oleh dunia internasional, misal kan kesepakatan unclos 1982," tandasnya