Kemensos Beli Layanan Trauma Healing Bagi Korban Banjir

M. Isa | Jum'at, 03/01/2020 19:23 WIB
Kemensos Beli Layanan Trauma Healing Bagi Korban Banjir Menteri Sosial Juliari Batubara didampingi pimpinan Komisi VIII mengunjungi dapur umur posko banjir (foto: kemsos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Selain membarikan bantuan berupa logistik, makanan dan santunan, Kementerian Sosial juga memberikan layananan trauma healing untuk warga terdampak banjir Jabodetabek yakni dengan menerjunkan tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP).

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengatakan, pemulihan trauma akibat bencana kepada para pengungsi terutama anak-anak sangat dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk memulihkan mental mereka ketika kembali ke rumah masing-masing dan beraktifitas seperti sedia kala.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Juliari mengajak dialog anak-anak di pengungsian. "Kamu namanya siapa? Ceritain dong, waktu banjir kamu gimana? Disuruh apa sama orangtua?" tanya Mensos.

"Disuruh lari ke tetangga," jawab anak bernama Nabila ini polos. Mensos menimpali seraya mengajak berdoa agar banjir segera surut. "Ya udah, kita berdoa sama-sama ya, supaya banjirnya cepat surut, kalian bisa kembali ke rumah," ujar Mensos yang diamini secara serempak dari anak-anak.

Diketahui, turut mendampingi Mensos dalam peninjauan lokasi banjir di Jakarta, dua Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasanudin dan Marwan Dasopang serta pejabat lainnya.


Berita Terkait :