Bandara Sultan Syarif Kasim II Akan Tampung 5 Juta Penumpang di 2020

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 02/01/2020 13:25 WIB
Bandara Sultan Syarif Kasim II Akan Tampung 5 Juta Penumpang di 2020 Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II (Foto: en.wikipedia.org)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pada tahun 2020, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru akan beroperasi dengan terminal penumpang pesawat yang lebih luas. Direktur utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan di tahun depan, luas terminal penumpang di Sultan Syarif Kasim II mencapai 44.000 meter persegi atau satu setengah kali lipat dari saat ini 29.000 meter persegi. 

 

“Dengan adanya perluasan ini, maka nantinya kapasitas terminal menjadi 5 juta penumpang per tahun dibandingkan dengan eksisting hanya 3,5 juta penumpang per tahun,” ujarnya saat agenda siaran pers, Jakarta 2 Desember 2019.

 

Perluasan terminal ini dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas udara di Pekanbaru, selain itu juga untuk mengakomodir jumlah penumpang pesawat yang terus meningkat. Pada 2018, Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II sudah melayani sebanyak 4,13 juta penumpang. Sementara itu pada Januari – Juli 2019, jumlah penumpang pesawat sudah mencapai sekitar 1,8 juta penumpang. Sejalan dengan perluasan terminal tersebut, jumlah konter check-in bertambah menjadi 29 konter dari 19 konter. Sementara itu Garbarata juga bertambah dari 4 unit menjadi 6 unit. 

 

Perlu diketahui, di Tahun 2018 Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II mendapat penghargaan dari Skytrax sebagai Bandar Udara Bintang 4 Tingkat Regional (4-Star Regional Airport Rating). Penilaian ini berdasarkan dari tingkat kepuasan penumpang pesawat pada proses keberangkatan, kedatangan, transfer penerbangan, serta hasil dari evaluasi fasilitas, kenyamanan terminal, kebersihan, area perbelanjana, Food & Beverage, layanan staf bandara, keamanan hingga imigrasi. 

 

Beberapa bandara lainnya yang mendapat status bintang 4 adalah Charles de Gaulle di Paris (Prancis), Perth International Airport (Australia), dan Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang yang juga dikelola oleh PT Angkasa Pura II.


Berita Terkait :