Meski Hujan, Ribuan Warga Tetap Antusias Tonton Balap Gethek di Karangdoro

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 27/12/2019 17:10 WIB
Meski Hujan, Ribuan Warga Tetap Antusias Tonton Balap Gethek di Karangdoro Wakil Ketua Komisi IX DPR RI FPKB, Nihayatul Wafiroh didampingi Kades Karangdoro, Sunaryo dan perangkat desa setempat mengangkat bendera start tanda dimulainya Festival Balap Gethek 2019 (foto Nihayah Center)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Ratusan bahkan ribuan pasang mata warga masyarakat tumpah ruah menyaksikan festival Balap Gethek dalam rangka memperingati Hari Jadi Banyuwangi ke-248 yang digelar oleh pemerintah Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi. Festival ini berlangsung selama tiga hari, yaitu 27-29 Desember 2019 diikuti oleh lebih dari 70 peserta.

Semarak festival ini sangat luar biasa. Ribuan warga memadati bibir aliran sungai di kawasan pengairan Bangorejo, tepatnya terletak di jembatan sebelah selatan kantor Desa Karangdoro, walaupun hujan mengguyur cukup deras sepanjang pembukaan festival.

Kepala Desa Karangdoro, Sunaryo berujar, festival Balap Gethek murni inisiatif dari warga desa setempat. Desa hanya mengawasi dan memberi motivasi agar panitia bersama anggota semangat guyub rukun.

“Kami hanya menyupport saja. Konsep kegiatan hingga kepanitiaan berasal dari inisiatif warga sendiri,” kata Sunaryo di lokasi acara, Jumat, 27 Desember 2019.

Menurut Sunaryo, festival Balap Gethek merupakan destinasi wisata untuk meningkatkan ekonomi warga. Ini sejalan dengan visi dan misinya sebagai kepala Desa.

“Rencana kerja baru kami sebagai kepala Desa Karangdoro membangun sinergitas antara lembaga desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda untuk menjalin silaturahim, untuk membangun Desa lebih baik. Kami berharap warga terus mengawal dan mengingatkan kalau ada yang salah dan Desa ini kedepannya lebih baik,” ungkap Sunaryo.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas pun turut bangga dengan festival ini. Dia menyampaikan sambutan melalui facetime karena sedang di luar kota. Usai mendengar sambutan dari Anas, Sunaryo meminta festival ini bisa masuk B-Fest tahunan Banyuwangi.

“Pak Bupati, saya mewakili warga Karandoro meminta festival Balap Gethek ini dimasukkan dalam B-Fest tahunan Banyuwangi. Kami tentu semakin semangat jika permintaan ini direspon baik pak Bupati,” tutur Sunaryo.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh yang hadir dalam pembukaan festival tersebut mengaku bangga melihat antusiasme warga mengikuti rangkaian acara festival.

“Tentu bangga dong. Apalagi semua lapisan masyarakat terlibat di acara ini. Kelompok PKK dan organisasi perempuan seperti Muslimat, Fatayat, IPPNU membuka stand bazar untuk memeriahkan acara,” tutur dia.

Legislator asal Desa Karangdoro, Banyuwangi ini juga didapuk mengangkat bendera start tanda dimulainya Balap Gethek. Sembari mengangkat bendera, sejumlah Gethek yang dihias dengan berbagai macam asesoris ini pun langsung didayung hingga ke garis finish.

Balap ini tak hanya digemari kalangan anak-anak serta remaja setempat, namun juga orang dewasa. Apalagi di Desa ini terdapat aliran sungai yang cukup besar, bersih dan asri.